Selasa, 22 November 2011

Pengenalan Akuntansi & MYOB

Nama Mata Praktikum : SIAK
Pertemuan : 1 ( Satu )
Kelas : 2IA01 – 2IA15
Materi : Pengenalan Akuntansi & MYOB
Soal !
1.Apa yang kalian ketahui tentang buku besar ? . Buku besar adalah alat yang digunakan untuk mencatat perubahan-perubahan yang terjadi pada suatu perkiraan tertentu yang disebabkan oleh adanya transaksi keuangan. pengertian besar disini adalah isinya besar (banyak) bukan bukunya yang besar.
Buku besar (Ledger) adalah kumpulan akun-akun yang digunakan untuk meringkas transaksi yangtelah dicatat dalam jurnal.Buku besar juga dapat diartikan tahapan catatan terakhirdalam akuntansi (book of final entry) yang menampung ringkasan data yang sudah dikelompokan atau diklasifikasikanyang berasal dari jurnal.
Bentuk Buku Besar yang biasa digunakan adalah :Bentuk T (T account) Bentuk buku besar ini adalah yang paling sederhana dna hanya berbentuk seperti huruf T besar.Sebelah kiri menunjukan sisi Debet dan sebelah kanan menunjukan sisi Kredit. Nama akundiletakan di kiri atas dan kode akun diletakan di kanan atas.
2. Apa yang kalian ketahui tentang neraca ? 2. Neraca adalah bagian dari laporan keuangan suatu perusahaan pada akhir periode. Neraca adalah laporan keuangan yang berisi harta, utang, dan modal perusahaan pada suatu saat tertentu.
Neraca atau laporan posisi keuangan (bahasa Inggris: balance sheet atau statement of financial position) adalah bagian dari laporan keuangan suatu entitas yang dihasilkan pada suatu periode akuntansi yang menunjukkan posisi keuangan entitas tersebut pada akhir periode tersebut. Neraca terdiri dari tiga unsur, yaitu aset, liabilitas, dan ekuitas yang dihubungkan dengan persamaan akuntansi berikut:
aset = liabilitas + ekuitas
Informasi yang dapat disajikan di neraca antara lain posisi sumber kekayaan entitas dan sumber pembiayaan untuk memperoleh kekayaan entitas tersebut dalam suatu periode akuntansi (triwulanan, caturwulanan, atau tahunan).
3. Jelaskan yang kalian ketahui tentang MYOB ?
MYOB merupakan kependekan dari Mind Your Own Business. Program aplikasi komputer yang di gunakan sebagai aplikasi otomatis pembukuan yang mudah dan mampu menampilkan laporan keuangan secara lengkap, cepat dan akurat.
Program ini di buat oleh MYOB Limited Australia. Myob Limited merekomendasikan MYOB Accounting dapat di terapkan pada 105 jenis perusahaan, sehingga dapat di komputerisasikan pada proses akuntansi bisnis dengan menggunakan Accounting Plus.
MYOB Accounting adalah sebuah software akuntansi yang diperuntukkan bagi usaha kecil menengah ( UKM ) yang dibuat secara terpadu (integrated software ).
Beberapa alasan yang menjadi pertimbangan untuk mempertimbangkan software ini sebagai tool yang membantu proses pekerjaan akuntansi ada supaya menjadi lebih cepat dan tepat adlah sebagai berikut :
1. Mudah digunakan
Dengan tampilan menu dan aliran transaksi yang sederhana dan mudah di ingat,MYOB mudah dimengerti oleh orang awam yang tidak mempunyai pengetahuan mendalam tentang komputer dan akuntansi.
2. Tingkat keamanan yang cukup valid untuk setiap pemakai ( user ).
3. Kemampuan eksplorasi semua laporan ke program excel tanpa melalui proses ekspor/impor file yang merepotkan.
4. Dapat diaplikasiakn untuk 105 jenis perusahaan yang telah direkomendasikan.
5. Menampilkan laporan keuangan komparasi ( perbandingan ) serta menampilkan analisis dalam bentuk grafik.
MYOB Acccounting V 13 di lengkapi dengan delapan modul yang di tunjukkan dengan beberapa fungsi yang terdapat di commad centre, yaitu :
1. Account, adalah komponen utama aktivitas sistem akuntansi peusahaan dan merupakan ringkasan dari seluruh aktivitas perusahaan tersebut.
2. Banking, berfungsi untuk memasukkan transaksi-transaksi penerimaan, pengeluaran kas serta merekonsiliasi rekening koran dengan akun-akun bank pada buku besar.
3. Sales, berfungsi untuk mencatat aktivitas- aktivitas penjualan, pembayaran pelanggan, dan penerbitan laporan-laporan yang terkait.
4. Purchase, berfungsi untuk mencatat aktivitas-aktivitas pembelian, pembayaran kepada pemasok.
5. Time Billing,Inventory, Payroll, Card File,

0 komentar:

Posting Komentar

 
© 2011 INFO OKE | Except as noted, this content is licensed under Creative Commons Attribution 2.5.
For details and restrictions, see the Content License | Recode by Ardhiansyam | Based on Android Developers Blog