Selasa, 22 November 2011

Cara membuat persediaan barang dan pembuatan Inventory

 CARA PEMBUATAN CARD FILE
§ Pengertian
Adalah menu yang digunakan uantuk melihat daftar orang, karyawan, ataupun perusahaan lain yang berhubungan dengan perusahaan anda. Selain itu juga dapat menambah isi daftar anda bilamana pihak-pihak yang berhubungan dengan bisnis anda bertambah.

§ Fungsi
Fungsi menu-menu pada card file adalah :
• Card list
Digunakan untuk membuat daftar nama orang atau perusahaan yang sering berhubungan dengan bisnis anda dan dapat melihat daftar rincian kartu yang pernah anda buat
• Contac log
Dapat melihat ringkasan dari seluruh kontak yang anda lakukan
• Print mailing labels
Dapat menetapkan dan mencetak file mailaing labels untuk individu atau perusahaan awal yang terdapat pada file kartu
• Create personalized letters
Dapat membuat file mail marge yang berisi informasi tentang orang atau perusahaan pada file kartu.
Pelanggan (customer) adalah pihak yang membeli barang dagang kita. Sedangkan pemasok (supplier) adalah pihak yang menjual barang dagang yang kita beli. Karena seringnya terjadi transaksi dengan suplier dan customer maka sebaiknya dibuat suatu database untuk menyimpan customer dan suplier tersebut. Data ini nantinya akan berhubungan dengan Utang (dengan suplier) dan piutang (dengan customer).
Langkah pertama adalah mengatur setting File baru, langkah berikutnya adalah Mencatat Data Pelanggan (Customer) dan Data Pemasok (Supplier). Langkahnya adalah sebagai berikut :
  1. Klik Card File, kemudian Klik Card List.

2.      Setelah itu Pilih bagian Customer atau Supplier




3.      Untuk mengisi data Customer, Pilih bagian Customer, jika yang di isi data Supplier, maka pilih juga Supplier. Cara Pengisian data dari keduanya hampir sama.
  1. Sebagai contoh mengisi Customer, Pastikan yang aktif adalah BagianCustomer dan klik New, maka akan tampil gambar dibawah ini.
Setelah selesai klik Selling details, isi sesuai dengan data yang di bawah ini











Kemudian untuk mengisi data CV Barokah sama caranya dengan CV Rahayu
Mengisi data vendor dari menu utama card file, baru card list, pilih supplier, kemudian isi data supliernya (PT media TV), dapat di lihat pada gambar di bawah ini.
Jika telah diisi semuanya dapat terlihat seperti di bawah ini

Setelah kita mengisi data Customer dan Supplier, langkah berikutnya adalah mengisi saldo piutang dan utang.  Pengisian saldo piutang akan berhubungan dengan customer/pelanggan kita.  Sedangkan utang akan berhubungan dengan supplier/tempat kita membeli barang dagang. 
Langkah untuk mengisi saldo piutang dan utang adalah sebagai berikut.
Mengisi saldo Piutang.
1.      Pada tampilan awal, klik menu Setup, balance, Customer Balance.
 Setelah itu akan muncul beberapa customer yang telah di isi sebelumnya, lalu klik salah satu customer dan klik Add Sale. Kemudian ada tampilan, informasi yang menyataan bahwa (=Total saldo putang ini harus sama dengan saldo piutang di akun Perkiraan), klik saja OK.  Kemudian Tekan Enter. Silahkan isi datanya.







Invoice: Nomor otomatis penjualan
Date : Di isi tanggal saldo awal (10/31/2011)
Memo : saldo awal
Total Including Tax :  isi saldo piutangnya, 3000000
Setelah semua saldo awal di isi maka akan terlihat seperti di bawah ini

CARA PEMBUATAN INVENTORY
§ Pengertian
Merupakan menu program yang digunakan untuk mengelola persediaan secara tepat dan akurat di mana dapat mengecek barang-barang yang dijual dan dengan pengaturan menajemen persediaan yang baik, mengelola jumlah persediaan, nilai nominal suatu barang dagang serat penyusunannya, menetapkan harga jual dan harag beli dan menyediakan atau merakit barang dagangan menjadi satu satuan yang kompleks beserta harga yang ditetapkan.
§ Fungsi
Fungsi menu-menu pada inventory adalah :
• Set item prices
Digunakan untuk menetapkan harga jual suatu barang persediaan ( termasuk keuntungan )
• Item list
Digunakan untuk melihat barang-barang persediaan
• Count inventory
Digunakan untuk memasukkan hasil perhitungan fisik persediaan atau untuk melakukan penyesuaian nilai dan kuantitas sejumlah item persediaan
• Adjust inventory
Digunakan untuk melakukan penyesuaian atas nilai dan kuantitas item-item persediaan
• Transfer inventory
Digunakan untuk melakukan transfer kuantitas dan nilai antar item-item persediaan
• Auto-build inventory
Digunakan untuk merakit item akhir dari sejumlah komponen
• Transaction journal
Digunakan untuk melihat perkiraan-perkiraan yang berhubungan dengan keluar masuknya persediaan
• Item register
Digunakan untuk menampilkan item-item persediaan barang baik keseluruhan maupun per item.

Pertama yang harus ada adalah data tentang barang dagang yang akan dijual. Barang dagang harus dibuat menurut kode-kode supaya lebih terkelompok, selain itu kode-kode barang digunakan sebagai kunci untuk mengelompokkan barang tersebut. Penamaan kode barang terserah menurut kita sendiri, tetapi tentu yang mudah dipahami, misalnya kode TV1 untuk barang “TV Katara”. Selain itu dalam barang ada harga jual dan harga beli. Harga jual tentunya lebih besar dari harga beli.Berikut contoh untuk persediaan barang dagang.
1.     Pada tampilan awal myob pilih Inventory, kemudian klik Item List






2.     Kemudian akan tampil gambar seperti dibawah ini dan klik new





3.     Lalu akan muncul blanko isian. silahkan isi pada Item Number dengan TV1 lalu enter, maka akan muncul kotak isian yang keuda yaitu Name Item, isi dengan TV Katara. Lalu pada bagian kiri di Cek List semuanyan untuk mensetting data barang tersebut.


4.     Kemudian klik Buying Detail pada bagian atas , isikan data seperti dibawah ini






Untuk bagian Tax Code When Bought di isi dengan N-T maksudnya adalah bila tidak menggunakan Pajak, tapi bila anda menggunakan Pajak maka di isi dengan PPN yang telah disetting sebelumnya.
5.     Lalu klik bagian Selling Detail dan isikan data seperti gambar di bawah ini






Untuk membuat method LIFO dari menu inventory, klik set item pilih last code seperti pada gambar di bawah ini
Untuk mengisi saldo awal inventory dilakukan dari menu inventory, adjus inventory, perhatikan pengisian tanggal, mengisi data bisa dilakukan pakai tab saja,setelah selesai klik record,  isi data sehingga tampil seperti dibawah ini
Penyelesaian transaksi tanggal 01 Agustus 2005 (pembelian tunai)
Transaksi pembelian tunai dengan cara klik modul purchases, enter purchases, klik Layout, pilih item , isi data seperti dibawah ini

 link Download dalam bentuk Microsoft Word : http://www.ziddu.com/download/17479905/LASIAK3.docx.html

0 komentar:

Poskan Komentar

 
© 2011 Pusatnya belajar IT dan Info menarik | Except as noted, this content is licensed under Creative Commons Attribution 2.5.
For details and restrictions, see the Content License | Recode by Ardhiansyam | Based on Android Developers Blog