Selasa, 22 November 2011

CARA PEMBUATAN PURCHASE

CARA PEMBUATAN PURCHASE
Modul purchase digunakan untuk mencatat seluruh transaksi pembelian yang dilakukan oleh perusahaan baik, pembelian barang maupun jasa, demikian pula untuk transaksi retur pembelian, uang muka pembelian, serta pengelolaan utang dagang perusahaan dan pelunasannya.
PURCHASE – Enter Purchases
Enter Purchases digunakan untuk mencatat transaksi pembelian yang baru.
Modul Purchase MYOB memiliki bisnis proses standar untuk pembelian yaitu :
    1. Quote : Perusahaan meminta / mencatat penawaran dari supplier
    2. Order : Perusahaan memesan barang
    3. Invoice : Perusahaan menerima barang yang dipesan
Contoh Sederhana
Modul Purchases > Enter Purchases

Langkah Langkah dalam pembuatan Purchases
Sebelum  melakukan pembuatan purchase pada  program Myob ,sebelumnya kita buat dulu item list dan juga card file. Item list digunakan untuk melihat barang-barang persediaan.jadi di dalam menu item list kita di arahkan dalam untuk menginput persediaan barang agar tidak keliru dengan inputan data yang lainnya saat kita mencarinya. dan card file  adalah data base dalam Program Myob .dan card file digunakan untuk mengorganisasikan kontak bisnis ,membedakan antara data pelanggan,vendor,karyawan dan kontak “individu “,item list dan card file tersebut akan kita gunakan dalam pembuatan purchase. Di bawah ini adalah contoh item list dan card file yang akan pergunakan dalam pembuatan purchase di program Myob
card list.bmp
Setelah  kita mempunyai keduanya kita dapat memulai pembuatan purchasenya. Pertama-tama kita klik modul purchase setelah itu enter purchase, setelah itu pada pojok kiri atas lembar purchase kita pilih BILL, kemudian kita ubah dulu layout lembar purchase ini menjadi item. Setelah itu semua kita pilih supplier berdasarkan cardlist yang kita buat. ( yang dapat kita pakai hanya cardlist yang bertipe supplier). Setelah itu kita masukkan item-item yang akan kita gunakan beserta harganya, seperti gambar dibawah ini:
purchase 1.bmp
Jangan lupa untuk mengubah pajak yang kita gunakan yaitu PPN. Setelah melakukan itu semua daftar barang yang kita beliakan terdaftar di dalam modul inventory di item register seperti gambar dibawah ini:
item register.bmp
Dan untuk membuat comment baru kita klik saja tanda panah biru yang ada di baris coment kemudian klik new, seperti di bawah ini:
coment.bmp
Sedangkan untuk Ship Via yang baru dapat dibuat dengan cara mengklik tanda panah biru yang ada di baris ship Via kemudian klik new, seperti gambar dibawah ini:
ship via.bmp

Setelah itu semua tinggal klik record maka daftar item ini akan masuk ke dalam purchase register di dalam open bills. Jika masih didalam open bills kita masih dapat meng editnya seperti dibawah ini:
open bill.bmp
                   Pay Bills di gunakan apabila transaksi pembayaran utang ke supplier.Jika kita menekan Pay bill yang ada di kiri bawah maka daftar purchase kita akan akan masuk kedalam closed bill dan kita tidak dapat meng editnya lagi, Seperti gambar dibawah ini:
closed bill.bmp

                   Demikianlah pembuatan laporan tentang keuangan tentang Purchases di dalam program Myob yang di tampilkan diatas ,dengan contoh pembuatan purchases pada program Myob ini  kita dapat mengetahui inputan persediaan barang yang ada di perusahaan kita.

link Download dalam bentuk Microsoft Word : http://www.ziddu.com/download/17479911/LASIAK4.docx.html

0 komentar:

Poskan Komentar

 
© 2011 Pusatnya belajar IT dan Info menarik | Except as noted, this content is licensed under Creative Commons Attribution 2.5.
For details and restrictions, see the Content License | Recode by Ardhiansyam | Based on Android Developers Blog