Langkah membuat jurnal dengan menggunakan program myob 8
Pada kali ini saya akan berbagi informasi cara membuat jurnal dengan menggunakan program myob v8. pada awalnya kita dapat buka program Myob, maka akan diperlihatkan sebuah tampilan dengan beberapa pilihan yang disediakan. Untuk selanjutnya kita akan membuat file untuk perusahaan baru, langkahnya sebagai berikut :
1. Pilih Create, kemudian akan tampil gambar sebagai berikut.
2. Klik next saja, karena itu adalah informasi awal program Myob.
3. Langkah berikutnya adalah isi data perusahaan, termasuk nama Perusahaan,alamat, No. Telepon, Fax dam Email, lalu klik Next,seperti ini
Langkah berikutnya adalah setting periode Akuntansi. Untuk setting diatas, anda harus pastikan settingan tahun benar yaitu 2011 dan settingan bulan juga harus tepat yaitu di akhiri bulan desember pada Last month of financial (bulan akhir periode akuntansi) serta bulan Januari pada Conversion Month (bulan awal periode akuntansi). Serta pada Number of Accounting Periods menggunakan twelve. Karena kalau anda salah, maka pada waktu menjurnal nantinya akan berpengaruh. Kemudian klik Next.
4. Maka akan tampil informasi yag telah di setting tadi. Pada tahap ini cukup klik Next saja.
5. Pada langkah ini anda diperlihatkan 3 pilihan untuk memilih Perkiraan.
Pilihan pertama = Bila menggunakan perkiraan dari program Myob
Pilihan kedua = Bila ingin mengimpor perkiraan dari perusahan lain / file lain
Pilihan ketiga = Bila ingin membuat sendiri perkiraan tersebut
Anda boleh memilih apa saja, karena nantinya akan anda set juga perkiraannya, standarnya pilih saja No. 3 lalu klik Next.karena saya ingin membuat perkiraan sendiri yang saya buat.
6.lalu Pilih Command Center,Next.
7.pilih Account > Account List.
· Laporan Keuangan PT. JOKO MURDIYANTO
PT.JOKO MURDIYANTO | |||||
No | Kode | Nama Rekening | Type | Level | Current Balance |
1 | 1-0000 | AKTIVA | Header | 1 | |
2 | 1-1000 | AKTIVA LANCAR | Header | 2 | |
3 | 1-1100 | Kas | Detail | 3 | 75.000.000 |
4 | 1-1110 | Bank | Header | 3 | |
5 | 1-1111 | Bank Mandiri | Detail Cheque | 4 | -18.000.000 |
6 | 1-1112 | Bank BNI | Detail Cheque | 4 | 8.000.000 |
7 | 1-1120 | Piutang Dagang | Detail | 3 | 12.000.000 |
8 | 1-1130 | Piutang Wesel | Detail | 3 | 40.000.000 |
9 | 1-1140 | Persediaan barang dagangan | Detail | 3 | 3.000.000 |
10 | 1-2100 | Kendaraan | Header | 3 | |
11 | 1-2110 | Mobil | Detail | 4 | 50.000.000 |
12 | 1-2111 | Akm.Penyusutan kendaraan | Detail | 4 | -6.500.000 |
13 | 2-0000 | Gedung | Header | 3 | |
14 | 2-1000 | Gedung Unit 1 | Detail | 4 | 20.000.000 |
15 | 2-1100 | Akm.Penyusutan Gedung | Detail | 4 | -5.000.000 |
· Output Program menggunakam Program MYOB
· Menu dalam account list MYOB
Dalam pembukuan dengan menggunakan MYOB , segala sesuatu hal yang berkaitan dengan pemasukan , pengeluaran dan modal dari perusahaan sudah di kelompokkan dalam masing – masing menu. Berikut adalah menu – menu yang terdapat dalam MYOB : asset , liability , income , equality , cost of sales , expense , other income dan other expense.
· Asset
Semua bentuk modal dari perusahaan,akan kita masukkan dalam menu asset. Kita akan membuat beberapa modal yang dimiliki suatu perusahaan
Dari gambar diatas dapat kita lihat ada suatu kode yang menunjukkan tiap - tiap account name.
- angka pertama menunjukkan dari menu apa account tersebut dikelompokkan . dari contoh diatas angka pertama adalah 1.yang menunjukkan bahwa berasala dari menu ‘asset’.
- angka ke dua menunjukkan berada di dalam suatu header apa account – account name tersebut. Dari contoh diatas , kita memiliki 2 header account ( aktiva lancar dan aktiva tetap). Aktiva lancar di awali dengan angka 1. Yang artinya semua account name yang ingin kita masukkan dalam header account aktiva lancar, harus diawali dengan angka 1. Begitupun dengan aktiva tetap.
· Liability
Liability adalah menu dimana kita memasukkan data – data tentang hutang yang di miliki oleh perusahaan ini.
Liability memiliki nomor awal 2. Semua account name yang ingin kita kelompokkan dalam account liability kita beri nomor awal 2.
Dalam contoh diatas kita memiliki 2 header account , yaitu ‘hutang lancar ‘ dan ‘hutang jk panjang’ .
· Equity
Equity adalah menu dimana kita memasukkan data – data tentang laba yang belum diterima oleh perusahaan. equity memiliki nomor awal 3. Semua account name yang ingin kita kelompokkan dalam account equity kita beri nomor awal 3. Dari contoh diatas kita tidak memiliki header account.
· Accout Opening Balence
4.Income
Adalah menu dimana kita memasukkan data – data tentang pemasukkan yang dimilki oleh perusahaan.
income memiliki nomor awal 4. Semua account name yang ingin kita kelompokkan dalam income liability kita beri nomor awal 4. Dari contoh diatas kita tidak memiliki header account.
5.Cost of sale
Adalah menu dimana kita memasukkan data – data tentang pengeluaran yang harus dibayarkan oleh perusahaan untuk melakukan suatu penjualan.
Cost of sale memiliki nomor awal 5. Semua account name yang ingin kita kelompokkan dalam cost of sale liability kita beri nomor awal 5. Dari contoh diatas kita tidak memiliki header account.
6.Expense
Adalah menu dimana kita memasukkan data – data tentang biaya yang harus dikeluarkan oleh perusahaan.
expenses memiliki nomor awal 6. Semua account name yang ingin kita kelompokkan dalam expenses kita beri nomor awal 6. Dari contoh diatas kita tidak memiliki header account.
7.Other income
Adalah menu dimana kita memasukkan data – data tentang biaya pemasukkan lain – lain.
Nomor awal dari other income adalah 8.
8.Other expense
Adalah menu dimana kita memasukkan data – data tentang biaya pengeluaran lain – lain.
Nomor awal dari other income adalah 9.
Account
Digunakan untuk membuat daftar perkiraan dan melakukan jurnal umum.
Banking
Untuk mencatat perkiraan yang berhubungan dengan transaksi bank, selain membeli maupun menjual barang dagang.
Sales
Untuk mencatat penjualan barang, termasuk penerimaan piutang dan segala yang berhubungan dengan penjualan tersebut.
Time Billing
Untuk mencatat dan mengatur waktu yang diset secara otomatis untuk pembayaran baik untuk klien maupun aktivitas-aktivitas yang berhubungan dengan dengan waktu.
Purchase
Untuk mencatat pembelian barang, termasuk membayar hutang dan lain sebagainya yang berhubungan dengan pembelian barang tersebut.
Payroll
Untuk mencatat tentang gaji, upah, pajak dan lain sebagainya yang berhubungan dengan pegawai atau karyawan.
Inventory
Untuk mencatat persediaan barang dagang khusunya perusahaan dagang
Card File
Untuk mencatat dan mengatur secara permanen data-data pelanggan, pemasok, pegawai dan hubungannya dengan pihak lain.
Dan pada pertemuan kali ini kita akan belajar dengan menggunakan Account
link Download dalam bentuk Microsoft Word : http://www.ziddu.com/download/17479887/LASIAK1.docx.html
0 komentar:
Posting Komentar