Kamis, 08 Desember 2011

Python ( menu dlm menu dan class buku )

LOGIKA PROGRAM KE 1

      Pada pembuatan laporan akhir (LA) yang ke empat program yang pertama  kali ini saya akan membahas OOP yang dapat digunakan pada Python dan menggunakan sifat – sifat yang dimiliki oleh bahasa pemrograman berorientasi objek seperti interithance atau pewarisan kelas. Class pertama, yang sekaligus juga digunakan sebagai kelas induk bernama Class menu, diisi oleh beberapa fungsi atau method dimana perndeklarasiannya sebagai berikut



class menu ;

statment diatas berfungsi untuk sebagai nama class utama dengan nama statment menu.class menu akan mengambil semua anggota data class menu yang  di masukan di dalam ststment atau kode diatas merupakan deklarasi kelas yang bernama menu, yang akan digunakan sebagai kelas induk pada program ini.



def__init __(self,celcius,reamur,fahrenheit,kelvin):

statment diatas berfungsi sebagai constructor fungsi __init__akan di jalankan secara otomatis ketika ada proses instalasi,agar constructor  celcius,reamur,fahrenheit,kelvin  bisa di panggil semua kita harus memanggil secara explesit pada class menu.



self.celcius=celcius

self.reamur=reamur

self.fahrenheit=fahrenheit

self.kelvin=kelvin

statment diatas berfungsi sebagai fungsi celcius,reamur,fahrenheit dan kelvin yang dideklarasikan dengan menggunakan parameter self dimana fungsi ini berguna untuk memberikan nama yang telah kita ketahui.



def pilih menu (self):

statment disini memberitahukan bahwa  kita telahmemasukan pilihan menu yang akan kita pilih untuk kita eksekusi.

print "=============================="

print "|     PROGRAM KONVERSI SUHU     |"

print "=============================="

print "               Menu Pilihan                         "

print "*********************************************”

print "1.",self.celcius

print "2.",self.reamur

print "3.",self.fahrenheit

print "4.",self.kelvin

print "================================="

statment di atas berfungsi menampilkan output sesuai dengan skema tata letak yang telah di reancang di atas dengan memulai statment awalan print agar tercetak sesuai yang kita inginkan dan  di beri tanda kutip 1 atau 2 juga boleh asalkan sesuai dengan statment statment sebelumnya.



pilih=menu("celcius","reamur","fahrenheit","kelvin")

pilih.pilihmenu()



class suhu:

setelah class menu  selesai dibuat, selanjutnya kita akan membuat class anak dari class menu  yang telah dibuat sebelumnya, untuk membuat class anak, atau menurunkan kelas pada python digunakan kode seperti diatas.jadi class suhu pada program ini merupakan class turunan dari class suhu, sehingga class menu  juga memiliki sifat – sifat dan dapat menjalankan fungsi-fungsi yang ada pada class pararelnya.

lagi='y'

a=o

while lagi=='y':

statmen diatas memberitahukan bahwa jika kita ingin meneruskan pengkonversian suhu maka kita hanya menetikan kata y yang berrarti kita akan mengkonversikan suhunnya lagi.

i=input("Pilihan Anda : ")

if i==1:

print("")

s=input ("Masukan Suhu : ")

c=5*s/5

print "celcius:",c,"C"

statment diatas memberitahukan bahwa jika nilai i=1 maka kita akan menginput nilai dengan menggunakan statment pada output Masukan Suhu dimana kita akan menkonversikan suhu dengan rumus nilai celcius  sama dengan 5 dikalikan nilai yang kita masukan di bagi dengan 5  dan akan tercetak nilai celcius dengan nilai satuan akhirnya c.



elif i==2:

print("")

s=input ("Masukan Suhu : ")

r=4*s/5

print "Reamur :",r,"R"

statment kedua diatas memberitahukan bahwa jika nilai i=2 maka kita akan menginput nilai dengan menggunakan statment pada output Masukan Suhu dimana kita akan menkonversikan suhu dengan rumus nilai reamur  sama dengan 4 dikalikan nilai yang akan kita eksekusi di bagi dengan 5 maka akan tercetak pada output dengan nilai satuanya adalah R.



elif i==3:

print("")

s=input ("Masukan Suhu : ")

f=(9*s/5)+32

print "Fahrenheit :",f,"F"

statment diatas memberitahukan bahwa jika nilai i=1 maka kita akan menginput nilai dengan menggunakan statment pada output Masukan Suhu dima kita akan menkonversikan suhu dengan rumus nilai Fahrenheit dengan  nilai 9 dikalikan dengan nilai yang akan kita eksekusi dan di bagi dengan 5.dan akan tercetak pada akhir output dengan satuannya adalah F.

elif i==4:

print("")

s=input ("Masukan Suhu : ")

k=s+273

print "Kelvin :",k,"K"

statment diatas memberitahukan bahwa jika nilai i=1 maka kita akan menginput nilai dengan menggunakan statment pada output Masukan Suhu dima kita akan menkonversikan suhu dengan rumus nilai kelvin dengan menggunakan rumus nilai yang akan kita eksekusi ditambah dengan nilai 273,dengan satuaan yang kita gunakan adalah K.



lagi=raw_input("Ingin Pilih Menu Lagi ? y/t:")

print ("")

statment diatas memberitahukan pada akhir output dengan bacaan Ingin Pilih Menu Lagi ? y/t:"  yang artinya jika kita ingin pilih menu kembali kita harus mengetikan y dan jika tidak ketikan  t.





if lagi=='t':

quit

break

 Statmen di atas merupakan contoh pemakaian “ if “ bersarang (nested if). Sengaja saya pilihkan agar pembaca lebih mudah memahami konsep identasi.
Pada baris ke empat setelah elif i==4 , kita memulai sebuah “ blok “ “ if “. Perhatikan baris statement yang menjorok ke dalam. Saya menggunakan tiga buah spasi untuk memberi identasi dan memberi tahu interpreter bahwa statement tersebut merupakan sebuah blok statement. Ilustrasi di bawah akan menjelaskan penggunaan blok statement dalam pseudo code.yang memberikan petunjuk jika nilai t = tidak ingin memberikan eksekusi kembali makan akan terjadi output berhenti sesuai dengan statment break dan akan keluar sesuai dengan statment yang dimasukan dengan kata quit.
LISTING PROGRAM 2
class buku:

    def __init__(self, judul, pengarang):

        self.judul = judul

        self.pengarang = pengarang

    def info(self):

        print 'buku      : ',self.judul

        print 'pengarang : ',self.pengarang



class bukufiksi (buku):

    def __init__(self, judul, pengarang, tokoh):

        buku.__init__ (self, judul, pengarang)

        self.tokoh = tokoh

    def info (self):

        buku.info(self)

        print 'tokoh     : ',self.tokoh



bukub=bukufiksi ('Harry Potter','Apandi','Harry')

bukub.info()

LOGIKA PROGRAM KE 2

     Pada pembuatan laporan akhit (LA) yang ke4  kali ini saya akan membahas OOP yang dapat digunakan pada Python dan menggunakan sifat – sifat yang dimiliki oleh bahasa pemrograman berorientasi objek seperti interithance atau pewarisan kelas. Class pertama, yang sekaligus juga digunakan sebagai kelas induk bernama Class Buku, diisi oleh beberapa fungsi atau method dimana pendeklarasiannya sebagai berikut :

class buku:

statment diatas berfungsi untuk sebagai nama class utama dengan nama statment buku.class buku akan mengambil semua anggota data class buku yang  di masukan di dalam ststment atau kode diatas merupakan deklarasi kelas yang bernama buku, yang akan digunakan sebagai kelas induk pada program ini.

 

  def __init__(self, judul, pengarang):

statment diatas berfungsi sebagai constructor fungsi __init__akan di jalankan secara otomatis ketika ada proses instalasi,agar constructor  judul dan pengarang bisa di panggil semua kita harus memanggil secara explesit pada class buku

      

 self.judul = judul

        self.pengarang = pengarang

statment diatas berfungsi sebaga fungsi judul  dan fungsi pengarang  yang dideklarasikan dengan menggunakan parameter self dimana fungsi ini berguna untuk memberikan nama yang telah kita ketahui.



    def info(self):

        print 'buku           : ',self.judul

        print 'pengarang : ',self.pengarang

statment diatas berfungsi karena class pada info dapat menjalankan output dan juga sebagai pencetak hasil pemanggilan yang akan masuk kedalam form buku dan pengarang dengan fungsi self yang memanggil data dari seft sebelumnya yang terdapat di dalam statment



class bukufiksi (buku):

setelah class buku  selesai dibuat, selanjutnya kita akan membuat class anak dari class buku  yang telah dibuat sebelumnya, untuk membuat class anak, atau menurunkan kelas pada python digunakan kode seperti diatas.jadi kelas bukufiksi pada program ini merupakan class turunan dari class buku, sehingga class buku juga memiliki sifat – sifat dan dapat menjalankan fungsi-fungsi yang ada pada class pararelnya.

    def __init__(self, judul, pengarang, tokoh):

        buku.__init__ (self, judul, pengarang)

        self.tokoh = tokoh

statment diatas berfungsi sebagai constructor fungsi __init__akan di jalankan secara otomatis ketika ada proses instalasi,agar constructor  judul dan pengarang bisa di panggil semua kita harus memanggil secara explesit pada class buku pada statment ini berguna untuk memanggil semua data pada statment yang di tuklis sebelumnya



    def info (self):

        buku.info(self)

        print 'tokoh         : ',self.tokoh

statment diatas berfungsi karena class buku pada info dapat menjalankan output dan juga sebagai pencetak hasil pemanggilan yang akan masuk kedalam form tokoh dengan fungsi self yang memanggil data dari seft sebelumnya yang terdapat di dalam statment.



bukub=bukufiksi ('Harry Potter','Apandi','Harry')

bukub.info()

statment diatas berungsi untuk memberi hasil output dengan tujuan mengisi judul buku pengarang dan memanggil info pada statment.






1 komentar:

adrianto_hilmawan at 5 April 2013 pukul 06.54 mengatakan...

output program ke 1 mana kk ?

Posting Komentar

 
© 2011 INFO OKE | Except as noted, this content is licensed under Creative Commons Attribution 2.5.
For details and restrictions, see the Content License | Recode by Ardhiansyam | Based on Android Developers Blog