LISTING PROGRAM KE1
PROGRAM PERTAMA ( Membuat Form Nama )
unit Unit1;
interface
uses
Windows, Messages, SysUtils, Variants, Classes, Graphics, Controls, Forms,
Dialogs, StdCtrls;
type
TForm1 = class(TForm)
Label1: TLabel;
Label2: TLabel;
Edit1: TEdit;
Edit2: TEdit;
Button1: TButton;
Label3: TLabel;
procedure Button1Click(Sender: TObject);
private
{ Private declarations }
public
{ Public declarations }
end;
var
Form1: TForm1;
implementation
{$R *.dfm}
procedure TForm1.Button1Click(Sender: TObject);
begin
label3.Caption :='NAMA SAYA :'+edit1.Text +'NPM SAYA :'+edit2.Text
end;
end.
LOGIKA PROGRAM PERTAMA
Membuat suatu aplikasi baru dengan mengklik menu File – New Application.sehingga akan muncul suatu form kosong yang akan kita beri program. Kemudian tempatkan komponen Label1 lalu ketikan NAMA dan Label2 ketikan NPM .lalu masukan edit1 dan edit2,edit 1 dan edit2 di kosongkan saja kemudian pilih ( objek ) Button lalu ketikan hasil yang ada pada palette standar ke form.Sekarang klik form kemudian klik tab event di window object Inspector dan pilih tab event onclick double klik tersebut.maka akan muncul prosedure /methode kosong yang harus di isi dengan keinginan .contoh perogram di bawah ini.
Keterangan program :
Tanda titik (.) adalah tanda pemisah antara objek dengan propertinya.
Tanda titik koma (;)Setiap akhir perintah harus di beri perintah titik ;
Pengisian nilai ke variabel atau properti menggunakan simbol titik dua sama dengan (:=).
Tekan tombol F9 atau menu Run-Run atau tekan > untuk menjalankan program.
Program kedua ( Membuat luas Segitiga )
LISTING PEROGRAM KE 2
unit Unit1;
interface
uses
Windows, Messages, SysUtils, Variants, Classes, Graphics, Controls, Forms,
Dialogs, StdCtrls;
type
TForm1 = class(TForm)
Label1: TLabel;
Edit1: TEdit;
Label2: TLabel;
Edit2: TEdit;
Button1: TButton;
Label3: TLabel;
Label4: TLabel;
procedure Button1Click(Sender: TObject);
private
{ Private declarations }
public
{ Public declarations }
end;
var
Form1: TForm1;
implementation
{$R *.dfm}
procedure TForm1.Button1Click(Sender: TObject);
var a,t,l:Real;
begin
a:=StrToFloat(Edit1.Text);
t:=StrToFloat(Edit2.Text);
l:=a*t/2;
Label4.Caption:=FloatToStr(l); end; end.
LOGIKA PEROGRAM KE2
Arti dari statment dari output diatas ini adalah :
var a,t,l:Real;
begin
a:=StrToFloat(Edit1.Text);
t:=StrToFloat(Edit2.Text);
l:=a*t/2;
Label4.Caption:=FloatToStr(l);
end;
Statement,
var a,t,l:Real;
Statmen diatas artinya kita membuat variabel a , t , l dengan tipe data Real;
begin
a:=StrToFloat(Edit1.Text);
Statment diatas artinya kita mengubah objek Edit1.Text yang tipe datanya String ke tipe data Float, dan kemudian dimasukkan ke variabel a
t:=StrToFloat(Edit2.Text);
Statment diatas artinya kita mengubah objek Edit2.Text yang tipe datanya String ke tipe data Float, dan kemudian dimasukkan ke variabel t
l:=a*t/2;
Statment diatas artinya kita membuat rumus untuk luas persegi panjang dari nilai-nilai variabel a,t yang telah kita buat tadi
Label4.Caption:=FloatToStr(l);
Statment diatas artinya kita mengubah kembali hasil perhitungan luas segitiga tadi ke dalam tipe data String yang semula bertipe data float, karena kita akan menampilkannya ke Label4 yang Captionnya merupakan Text/String.
0 komentar:
Posting Komentar