Senin, 20 Mei 2013

Pembuatan Game Virtual Reality Mencari Kamar menggunakan Unity



Pada pertama ini saya Joko Murdiyanto  akan membahas tentang pembuatan game mencari kamar ini dengan virtual reality ,Virtual reality adalah  teknologi yang memungkinkan seseorang melakukan simulasi terhadap suatu objek nyata dengan menggunakan komputer yang mampu membangkitkan suasana tiga dimensi (3-D) sehingga membuat pemakai seolah-olah terlibat secara fisik. Sistem seperti ini dapat digunakan untuk peramu obat, arsitek, pekerja medis, dan bahkan orang awam untuk melakukan aktivitas-aktivitas yang meniru dunia nyata. Sebagai contoh, pilot dapat menggunakan sistem virtual reality untuk melakukan simulasi penerbangan sebelum melakukan penerbangan yang sesungguhnya. Virtual reality juga digambarkan dalam film seperti Congo. Pada film tersebut, Ami (sang Gorila) menggunakan bahasa tanda dan sarung tangan (glove) virtual reality untuk berkomunikasi dengan manusia.
Peranti Lunak (software) Virtual Reality
Untuk mewujudkan suasana yang menyerupai dunia nyata, virtual reality menggunakan peralatan-peralatan yang dinamakan glove, headset, dan walker. Glove adalah peranti masukan yang dapat menangkap gerakan tangan dan mengirimkan informasi gerakan ke sistem virtual reality. Headset adalah peranti yang berfungsi untuk memonitor gerakan kepala. Selain itu, peranti inilah yang memberikan pandangan lingkungan yang semu kepada pemakai sehingga seolah-olah pemakai melihat dunia nyata. Walker adalah peralatan yang dimaksudkan untuk memantau gerakan kaki. Peralatan ini dapat digunakan untuk mengatur kaki pemakai agar merasakan beban seperti kalau melangkah dalam dunia nyata. Sebagai contoh, kaki akan terasa berat untuk melangkah ketika pemakai sedang menghadapi dunia semu berupa rawa atau medan berlumpur.
Cara Kerja Virtual Reality
Cara kerja sistem virtual reality pada prinsipnya adalah seperti berikut. Pemakai melihat suatu dunia semu, yang sebenarnya berupa gambar-gambar yang bersifat dinamis. Melalui perangkat headphone atau speaker, pemakai dapat mendengar suara yang realistis. Melalui headset, glove dan walker, semua gerakan pemakai dipantau oleh sistem dan sistem memberikan reaksi yang sesuai sehingga pemakai seolah merasakan sedang berada pada situasi yang nyata, baik secara fisik maupun secara psikologis.
Blender adalah salah satu software open source yang digunakan untuk membuat konten multimedia khusunya 3Dimensi, ada beberapa kelebihan yang dimiliki Blender dibandingkan software sejenis. Berikut beberapa kelebihannya:
Open Source Blender merupakan salah satu software open source, dimana kita bisa bebas memodifikasi source codenya untuk keperluan pribadi maupun komersial, asal tidak melanggar General Public License (GNU)  yang digunakan Blender.
Multi Platform Karena sifatnya yang open source, Blender tersedia untuk berbagai macam operasi sistem seperti Linux, Mac dan Windows. Sehingga file yang dibuat menggunakan Blender versi Linux tak akan berubah ketika dibuka di Blender versi Mac maupun Windows.
Update Dengan status yang Open Source, Blender bisa dikembangkan oleh siapapun. Sehingga update software ini jauh lebih cepat dibandingkan software sejenis lainnya. Bahkan dalam hitungan jam, terkadang software ini sudah ada update annya. Update an tersebut tak tersedia di situs resmi blender.org melainkan di graphicall.org
Free Blender merupakan sebuah software yang Gratis Blender gratis bukan karena tidak laku, melainkan karena luar biasanya fitur yang mungkin tak dapat dibeli dengan uang, selain itu dengan digratiskannya software ini, siapapun bisa berpartisipasi dalam mengembangkannya untuk menjadi lebih baik. Gratisnya Blender mendunia bukan seperti 3DMAX/ Lainnya yang di Indonesia Gratis membajak :p. Tak perlu membayar untuk mendapatkan cap LEGAL. Karena Blender GRATIS dan LEGAL
Lengkap Blender memiliki fitur yang lebih lengkap dari software 3D lainnya.  Coba cari software 3D selain Blender yang di dalamnya tersedia fitur Video editing, Game Engine, Node Compositing, Sculpting.
Ringan Blender relatif ringan jika dibandingkan software sejenis. Hal ini terbuti dengan sistem minimal untuk menjalankan Blender. Hanya dengan RAM 512 dan prosesor Pentium 4 / sepantaran dan VGA on board, Blender sudah dapat berjalan dengan baik namun tidak bisa digunakan secara maksimal. Misal untuk membuat highpolly akan sedikit lebih lambat.
Komunitas Terbuka Tidak perlu membayar untuk bergabung dengan komunitas Blender yang sudah tersebar di dunia. Dari yang newbie sampai yang sudah advance terbuka untuk menerima masukan dari siapapun, selain itu mereka juga saling berbagi tutorial dan file secara terbuka. Salah satu contoh nyatanya adalah open movie garapan Blender Institute
Unity 3D adalah sebuah game developer software yaitu sebuah software game engine pembuat game. Unity 3D adalah alat authoring yang terintegrasi untuk menciptakan video game 3D atau konten interaktif lainnya seperti visualisasi arsitektur atau real-time animasi 3D. Lingkungan pengembangan Unity 3D yang berjalan pada Microsoft Windows dan Mac OS X, dan game yang dihasilkan dapat dijalankan pada Windows, Mac, Xbox 360, PlayStation 3, Wii, iPad, iPhone, serta platform Android.
Unity 3D tersedia dalam dua versi, ada yang free dan ada juga yang berlisensi. Tentu saja ada fitur-fitur atau tool - tool yang di tonjolkan apabila kita memiliki unity 3D yang versi berlisensi. Saya kurang begitu tahu fitur-fitur apa saja yang ada dalam versi bayar karena di sini saya hanya pakai versi free. Unity 3D juga memiliki kemampuan mengekspor game untuk fungsional Tahap 3D Adobe di Flash, tapi fitur tersebut di  webplayer tidak bisa digunakan karena keterbatasan yang ada di Flash. unity 3d sebenarnya hampir mirip seperti Director, Blender game engine, Virtools, Torque Game Builder, and Gamestudio, yang menggunakan juga graphical environment sebagai metode utama dalam pembuatan game.
Bagi programer yang jago java dan C#, unity adalah salah satu game engine yang mendukung bahasa pemrograman tersebut yang juga merupakan salah satu dari kelebihan unity 3D. Untuk lebih mengetahui tentang unity 3D atau ingin mendownload unity 3D bisa langsung klik link yang ada di bawah ini.situs resmi unity bias di lihat seperti gambar di bawah ini .
Dibawah ini adalah gambaran aplikasi 3 dimensi yang saya telah buat menggunakan aplikasi blender dan bias di lihat tutorialnya seperti gambar di bawah ini,tetapi gambar di bawah ini sudah saya masukan dalam aplikasi game yaitu unity dan saya sudah edit








Pada gambar di atas ini merupakan hasil dari objek yang sudah saya buat dan saya masukan dalam unity,diatas merupakan game yang akan mencari kamar sesuai dengan rintangan yang di hadapi yaitu jalan di buat berliku sehingga membuat user lebih berfikir bagaimana caranya bias mencari kamar tidur. Sekian penjelasan dari saya dalam virtual reality game yang telah saya buat.

2 komentar:

Unknown at 23 Mei 2016 pukul 23.43 mengatakan...

Gan bisa kirim projectnya g ke email saya,pgn buat juga...boleh dikasih contoh gmna caranya kamera bisa jalan ke benda yang di klik oleh tombol magnet yang ada di carboardnya

Unknown at 23 Mei 2016 pukul 23.44 mengatakan...

Widiyartanto@gmail.com

Posting Komentar

 
© 2011 INFO OKE | Except as noted, this content is licensed under Creative Commons Attribution 2.5.
For details and restrictions, see the Content License | Recode by Ardhiansyam | Based on Android Developers Blog