Rabu, 18 April 2012

Seputar Motor Legendaris Honda CG

        Honda CG125 adalah sepeda motor komuter yang dibuat oleh Honda Jepang. Saat itu di produksi pada tahun  1976-2008 dan pada awalnya diproduksi di Jepang, tetapi sumber untuk pasar Eropa akhirnya pindah ke Brazil pada tahun 1985 dan juga Turki untuk model W dan M. CG125 ini didukung oleh 124 cc hemat bahan bakar empat-stroke, katup, overhead tunggal silinder mesin yang telah berubah sedikit selama bertahun-tahun.

Di Inggris, CG125 ini populer dengan pelajar karena undang-undang yang memungkinkan lisensi yang memungkinkan pengendara untuk mengoperasikan sepeda motor 125 cc dengan pelat L dengan menyelesaikan kursus Pelatihan Wajib (CBT) Dasar [1] Hal ini biasanya digunakan oleh sekolah-sekolah pelatihan yang paling dalam. Inggris dan Brasil karena merupakan sepeda mudah untuk mengontrol dan mengoperasikan.

Karena keberhasilan desain, salinan langsung beberapa CG125 bermunculan (kebanyakan dari produsen Cina dan Korea), seperti, Hongdou CG125 yang Commuter Champ, yang Dispatch Warrior dan Pulsar Kymco 125.

Di Brazil, karena undang-undang emisi dari 2009, mesin telah didesain ulang dengan overhead camshaft (bore dan stroke juga berubah). Karena emisi Euro 3 hukum Honda CG125 telah digantikan oleh bahan bakar menyuntikkan CBF125 di Inggris dan Eropa sejak tahun 2009.
   Sejarah
CG125 ini dikembangkan dari CB125 untuk pasar dunia ketiga. CB adalah mesin overhead cam yang revved lebih bebas dan memiliki kekuatan sedikit lebih dari CG125. Ada banyak bagian yang sama antara dua - pada dasarnya hanya ujung atas berbeda. Satu kesalahan dengan banyak mesin OHC Honda di masa itu (biasanya dilambangkan CB), adalah bahwa mereka memiliki kecenderungan untuk memakai bantalan camshaft jika penggantian oli dilewati. Mesin CG dikembangkan khusus untuk mengatasi masalah ini (antara lain) sebagai Honda menyadari bahwa pengendara di negara berkembang dilakukan perawatan pencegahan sedikit atau tidak ada. Untuk membuat sepeda lebih handal dengan pelayanan minimal, CG125 menggunakan katup udara dengan sistem pushrods, busa filter udara yang bisa dicuci.

Perubahan yang dari Honda CB ke Honda CG
  1. Masa pemakaian batrai yang tahan lebih lama , CG125 telah menerima berbagai perangkat tambahan.
    Para listrik ditingkatkan dari 6 V sampai 12 V (1985 di Inggris) Pemutus kontak lama digantikan oleh elektronik pengapian (1995 di Inggris).Sebuah mulai listrik ditambahkan pada tahun 2001, awalnya bersama awal tendangan asli dan menggantikannya sepenuhnya pada tahun 2004 (di Pasar Eropa). 
  2. Pada tahun 2004 banyak  perubahan lebih lanjut yang terjadi di pasar Eropa: 
  3. Pada rem drum atau tromol biasa  depan diganti dengan rem cakram.
  4. Sebuah instrument cluster baru, termasuk mengukur bahan bakar untuk pertama kalinya, diganti unit persegi tua.
  5.  Kapasitas tampung bahan bakar meningkat dari 12 liter (2,6 imp gal; 3,2 US gal) untuk 13 liter (2,9 imp gal; 3,4 US gal )
  6. Style lebih dimodernisasi
  7. Diberi casing ( tutup rantai ) . 
  8. Dan perubahan terakhir yang di berikan adalah  fungsi dari rantai (rantai kehidupan lebih lama) mendukung estetika.





    Sumber : http://en.wikipedia.org/wiki/Honda_CG125

0 komentar:

Posting Komentar

 
© 2011 INFO OKE | Except as noted, this content is licensed under Creative Commons Attribution 2.5.
For details and restrictions, see the Content License | Recode by Ardhiansyam | Based on Android Developers Blog