Kamis, 14 April 2011

Membuat Proyek Aplikasi From Data Diri dan Kalkulator dengan Visual Basic 6.0


Membuat Proyek Aplikasi From Data Diri 
Pada proyek yang pertama visual basic  ini saya akses sebuah proyek aplikasi data diri dengan tampilan background warna . program ini sebagai hasil dari kegiatan Laporan Akhir yang di lakukan pada Praktikum yang ke 5 ,Sarana aplikasi bahasa pemograman yang di pakai di sini adalah bahasa pemograman Visual Basic  6.0
Spesifikasi kebutuhan kontrol komponen
Sebelum memulai program dalam Laporan Akhir ini,kita harus mengetahui beberapa kontrol komponen yang di perlukan untuk membuatnya.dibawah ini daftar kontrol komponen yang di perlukan untuk membuat program aplikasi tersebut.
Langkah Pembuatan Program
Setelah anda memenuhi semua spesifikasi  kontrol komponen yang di butuhkan untuk membuat porogram tersebut ,langkah selanjutnya adalah pembuatan programnnya . Berikut ini langkah langkah pembuatanya :
1.    Masuklah ke dalam lingkungan Visual Basic.
2.    Buatlah sebuah form baru kemudian desain lah dengan menenpatkan kontrol - kontrol komponen pada bidang form tersebut dengan melihat spesifikasi kontrol diatas .hasil akhir desain form itu dapat anda lihat di bawah ini :
3.    Keterangan
NO
OBJEK
NAMA PROPERTI
1
Label1
NAMA
2
Label2
NPM
3
Label3
KELAS
4
Label4
Dikosongkan
5
Text1
Dikosongkan
6
Text2
Dikosongkan
7
Text3
Dikosongkan
8
Command Button d1
OK
9
Command Button d2
Close
10
Command Button d3
Green
11
Command Button d4
Red
12
Command Button d5
Blue

4.    
5.    Setelah anda menyelesaikan tahap awal pembuataan program ini ,langkah selanjutnya  adalah menuliskan listing program.dibawah ini listing program selengkapnya.

6.  LISTING BESERTA LOGIKA PROGRAM
Pada listing dan logika program ini kita akan lebih mengetahui maksud dari penyisipan statment kedalam variabel yang terdapat di dalam form Data Diri dengan mengklik sebanyak dua kali pada command yang kita akan masukan variabel sisipannya.
Private Sub Command1_Click()
Label4.Caption = "NAMA :" + Text1 & vbCrLf + " NPM :" + Text2 & vbCrLf + "KELAS :" + Text3
End Sub
Statment diatas artinya kita akan merubah caption pada label4,maksudnya untuk menampilkan nilai inputan pada text yang sudah diisi sebelumnya yaitu nama,npm,dan kelas, untuk menampilkan hasil textnnya kita tambahkan +[nama variabel textnya]+ . code vbCrLf dimaksudkan untuk memberi baris baru atau enter.dan untuk membuat tampilan Form1 dan label4 warna hijau, klik 2 kali pada command3,kemudian ketikka code berikut :

Private Sub Command3_Click()
Label4.ForeColor = vbGreen
Form1.BackColor = vbGreen
End Sub
Statment diatas pada Label4 adalah hasil output ketikkan kita yang telah kita ketikkan pada text, kemudian Label4 kita rubah warna tulisannya menjadi warna hijau dengan perintah ForeColor=vbGreen,maka label berwarna hijau,sedangkan Form1 kita rubah  warna formnya dengan perintah BackColor=vbGreen,maka Form akan berubah menjadi warna biru.Dan untuk membuat tampilan Form1 dan label4 warna hijau, klik 2 kali pada command4,kemudian ketikka code berikut

Private Sub Command4_Click()
Label4.ForeColor = vbRed
Form1.BackColor = vbRed
End Sub
Statment diatas  Label4 adalah hasil output ketikkan kita yang telah kita ketikkan pada text, kemudian Label4 kita rubah warna tulisannya menjadi warna Merah dengan perintah ForeColor=vbRed,maka label berwarna Merah,sedangkan Form1 kita rubah  warna formnya dengan perintah BackColor=vbRed,maka Form akan berubah menjadi warna Merah Dan untuk membuat tampilan Form1 dan label4 warna biru, klik 2 kali pada command5,kemudian ketikka code berikut :

Private Sub Command5_Click()
Label4.ForeColor = vbBlue
Form1.BackColor = vbBlue
End Sub
Statment diatas pada Label4 adalah hasil output ketikkan kita yang telah kita ketikkan pada text, kemudian Label4 kita rubah warna tulisannya menjadi warna Biru dengan perintah ForeColor=vbBlue,maka label berwarna Biru,sedangkan Form1 kita rubah  warna formnya dengan perintah BackColor=vbBlue,maka Form akan berubah menjadi warna Biru Dan untuk Keluar dari program klikk 2 kali pada command2 ,kemudian ketik End, pada program dapat berhenti dan menghentikan proses.

Private Sub Label4_Click()
Label4.BackColor = vbYellow
Label4.Caption = "NAMA    :" + Text1 & vbCrLf + " NPM     :  " + Text2 & vbCrLf + "KELAS    :" + Text3
End Sub
            Statment diatas pada Label4 adalah hasil output ketikkan kita yang telah kita ketikkan pada text, kemudian Label4 kita rubah Background warna tulisannya menjadi warna kuning dengan perintah Label4.BackColor = vbYellow.


Pengujian Program
1.Tekan tombol  F5 atau klik tanda  pada MenuBar.Pada awal tampilan aplikasi ,Fokus kursor otomatis berada pada control cmbkategori.gunakan tombol panah .fokus akan pindah ke kontrol Form Data diri ,secara otomatis akan di tampilkan.
INILAH HASIL OUTPUT YANG AKAN DI TAMPILKAN




Pada Proyek Pembuatan Kalkulator Sederhana
1.    Kita akan membuat keterangan tentang spesisikasi kontrolnya terlebih dahulu
2.    Keterangan : 

NO
OBJEK
NAMA PROPERTI
1
Label1
Kalkulator Sederhana
2
Label2
Nilai 1
3
Label3
Nilai2
4
Label4
Dikosongkan
5
Text1
Dikosongkan
6
Text2
Dikosongkan
7
Command Button d1
ditambah
8
Command Button d2
dikurang
9
Command Button d3
*
10
Command Button d4
/
11
Command Button d5
Close

·       LISTING DAN LOGIKA PROGRAM KALKULATOR SEDERHANA
Pada listing dan logika program ini kita akan lebih mengetahui maksud dari penyisipan statment kedalam variabel yang terdapat di dalam form kalkulator sederhana dengan mengklik sebanyak dua kali pada command yang kita akan masukan variabel sisipannya
Private Sub Command1_Click()
Dim a As Double
Dim b As Double
a = Text1.Text
b = Text2.Text

c = a + b
Label4.Caption = c
End Sub
Satment diatas pada penambahan statment Dim a As Double,akan mendeklarasikan variabel a dengan tipe data double ,begitu juga dengan Dim b,kemudian memasukkan nilai pada text1 ke variabel a, begitu juga pada variabel b, kemudian membuat operasi matematika pertambahan yang hasilnya dimasukkan ke variabel c dari hasil tambah a ditambah b. Hasil pertambahan akan dicetak ke label4 pada captionnya dengan memasukkan nilai variabel c(hasil) nya dari hasil aritmatika di atas.
Dan untuk membuat perintah kurang , pada comman2 tombol - , klik dua kali pada command2, lalu akan muncul untuk menambahkan statment dan kita lakukan seperti sebelumnya :
Private Sub Command2_Click()
Dim a As Double
Dim b As Double
a = Text1.Text
b = Text2.Text
c = a - b
Label4.Caption = c
End Sub
Satment diatas pada penambahan statment Dim a As Double,akan mendeklarasikan variabel a dengan tipe data double ,begitu juga dengan Dim b,kemudian memasukkan nilai pada text1 ke variabel a, begitu juga pada variabel b, kemudian membuat operasi matematika pengurangan yang hasilnya dimasukkan ke variabel c dari hasil kurang a dikurangi b. Hasil pengurangan akan dicetak ke label4 pada captionnya dengan memasukkan nilai variabel c(hasil) nya dari hasil aritmatika di atas.
Untuk membuat perintah kali , pada comman3 tombol * , klik dua kali pada command3, lalu akan muncul untuk menambahkan statment dan kita lakukan seperti sebelumnya :
Private Sub Command3_Click()
Dim a As Double
Dim b As Double
a = Text1.Text
b = Text2.Text
c = a * b
Label4.Caption = c
End Sub
Satment diatas pada penambahan statment Dim a As Double,akan mendeklarasikan variabel a dengan tipe data double ,begitu juga dengan Dim b,kemudian memasukkan nilai pada text1 ke variabel a, begitu juga pada variabel b, kemudian membuat operasi matematika perkalian yang hasilnya dimasukkan ke variabel c dari hasil kali a dikali b. Hasil perkalian akan dicetak ke label4 pada captionnya dengan memasukkan nilai variabel c(hasil) nya dari hasil aritmatika di atas.
Dan untuk membuat perintah bagi , pada comman4 tombol / , klik dua kali pada command4, lalu akan muncul untuk menambahkan statment dan kita lakukan seperti sebelumnya :
Private Sub Command4_Click()
Dim a As Double
Dim b As Double
a = Text1.Text
b = Text2.Text
c = a / b
Label4.Caption = c
End Sub
Satment diatas pada penambahan statment Dim a As Double,akan mendeklarasikan variabel a dengan tipe data double ,begitu juga dengan Dim b,kemudian memasukkan nilai pada text1 ke variabel a, begitu juga pada variabel b, kemudian membuat operasi matematika pembagian yang hasilnya dimasukkan ke variabel c dari hasil bagi a dibagi b. Hasil pembagian akan dicetak ke label4 pada captionnya dengan memasukkan nilai variabel c(hasil) nya dari hasil aritmatika di atas.
Dan untuk Keluar dari program klik 2 kali pada command5 ,kemudian ketik End, pada program dapat berhenti dan menghentikan proses.
Private Sub Command5_Click()
Label4.ForeColor = vbBlue
Form1.BackColor = vbBlue
End Sub
Statment diatas pada Label4 adalah hasil output ketikkan kita yang telah kita ketikkan pada text, kemudian Label4 kita rubah warna tulisannya menjadi warna Biru dengan perintah Label4.ForeColor = vbBlue maka label berwarna Biru,sedangkan Form1 kita rubah  warna formnya dengan perintah Form1.BackColor = vbBlue,maka Form akan berubah menjadi warna Biru Dan untuk Keluar dari program klikk 2 kali pada command2 ,kemudian ketik End, pada program dapat berhenti dan menghentikan proses.

Private Sub Label4_Click()
Label4.BackColor = vbGreen
End Sub
Statment diatas pada Label4 adalah hasil output ketikkan kita yang telah kita ketikkan pada text, kemudian Label4 kita rubah  warna background tulisannya menjadi warna hijau dengan perintah Label4.BackColor = vbGreen,maka label akan berwarnahijau

OUTPUT PRPGRAM KALKULATOR SEDERHANA
·       Pengujian Program
1.Tekan tombol  F5 atau klik tanda  pada MenuBar.Pada awal tampilan aplikasi ,Fokus kursor otomatis berada pada control cmbkategori.gunakan tombol panah .fokus akan pindah ke kontrol Form Data diri ,secara otomatis akan di tampilkan.
·          



bagi agan agan yang mau download dalam format word ini gan alamat URLnya
silahkan di download ya gan :
       http://www.ziddu.com/download/14598673/LAAP2APert5.docx.html

0 komentar:

Posting Komentar

 
© 2011 INFO OKE | Except as noted, this content is licensed under Creative Commons Attribution 2.5.
For details and restrictions, see the Content License | Recode by Ardhiansyam | Based on Android Developers Blog