Senin, 17 Januari 2011

Sasaran Implementasi wawasan Nusantara dalam Kehidupan Nasional dan Permasyarakatan / Sosialisasi Wawasan Nusantara.

Sasaran Implementasi Wawasan Nusantara dalam Kehidupan Nasional
Wawasan nusantara harus di jadikan arahan acuan ,tuntunan bagi setiap individu bangsa indonesia dalam membangun dan memelihara tuntunan bangsa dan NKRI.implementasi wawasan nusanrtara senantiasa berorien tasi pada kepentingan rakyat dan wilayah tanah air secara utuh dan menyeluruh sebagai berikut :
1.       Kehidupan politik akan menciptakan iklim penyelenggaraan negara yang sehat dan dinamis.
2.       Kehidupan ekonomi akan menciptakan tatanan ekonomi akan menciptakan tatanan ekonomi yang benar – benar menjamin pemenuhan dan  peningkatan kesejahteraan dan kemakmuran rakyat secara merata dan adil.
3.       Kehidupan sosial budaya akan menciptakan sikap batiniah dan lahiriah yang mengakui,menerima,dan menghormati segala bentuk perbedaan atau kebhinekaan sebagai kenyataan hidup sekaligus karunia sang pencipta.
4.       Kehidupan hankam akan menumbuh kembangkan kesadaran cinta tanah air dan bangsa, yang lebih lanjut akan membentuk sikap bela negara pada setiap WNI.
Implementasi wawasan nusantara harus menjadi nilai yang menjiwai segenap peraturan perundang – undangan yang berlaku pada setiap strata diseluruh wilayah negara.

Permasyarakatan / Sosialisasi  Wawasan Nusantara.
           1.Permasyarakatan  Wawasan nusantara tersebut dapat dilakukan dengan
              cara berikut :
Menurut sifat cara penyampaiannya,yang dapat dilaksanakan sebagai berikut .
a.Langsung,yang terdiri dari ceramah,diskusi , dialog ,tatap muka.
b.Tidak langsung,yang terdiri dai media elektronik,media cetak.
2.menurut metode penyampaian yang berupa :
a.Keteladanan,Melalui metode pepenularan keteladanan dalam sikap perilaku kehidupan sehari – hari kepada lingkunganya,terutama dengan memberikan contoh – contoh berfikir,bersikap dan bertindak mementingkan kepentingan bangsa dan negara diatas kepentingan peribadi atau golongan.
b.Edukasi,yakni melalui metode pendekatan formal dan informal.
c.Komunikasi,agar tercapainya hubungan komunikatif secara baik yang akan mampu menciptakan iklim saling menghargai,menghormati,mawas diri,dan tenggang rasa sehingga terciptanya kesatuan bahasa dan tujuan tentang wawasan nusantara.
d.Integrasi.tujuan yang ingin dicapai dari permasyarakatan sosialisasi wawasan nusantara melalui metode integrasai adalah terjadinya persatuan dan kesatuan.

0 komentar:

Posting Komentar

 
© 2011 INFO OKE | Except as noted, this content is licensed under Creative Commons Attribution 2.5.
For details and restrictions, see the Content License | Recode by Ardhiansyam | Based on Android Developers Blog