Selasa, 19 Juni 2012

UTS Sistem Informasi Management


Sistem informasi manajemen (SIM) (bahasa Inggris: management information system, MIS) adalah bagian dari pengendalian internal suatu bisnis yang meliputi pemanfaatan manusia, dokumen, teknologi, dan prosedur oleh akuntansi manajemen untuk memecahkan masalah bisnis seperti biaya produk, layanan, atau suatu strategi bisnis. Sistem informasi manajemen dibedakan dengan sistem informasi biasa karena SIM digunakan untuk menganalisis sistem informasi lain yang diterapkan pada aktivitas operasional organisasi.

Tujuan Umum
1.Menyediakan informasi yang dipergunakan di dalam perhitungan harga pokok jasa, produk, dan tujuan lain yang diinginkan manajemen.
2. Menyediakan informasi yang dipergunakan dalam perencanaan, pengendalian, pengevaluasian, dan perbaikan berkelanjutan.
3. Menyediakan informasi untuk pengambilan keputusan.
Ada 8 pokok pengolahan data yang meliputi:
      Reading (membaca)
      Input Imasukan)
      Output  (keluaran)
      Sorting (menyortir)
      Transmiting (memindahkan)
      Calculating (menghitung)
      Comparing (membandingkan)
      Storing (menyimpan)
E -Commerce
•E-commerce merupakan suatu tindakan melakukan transaksi bisnis secara elektronik dengan
menggunakan internet sebagai media komunikasi yang paling utama (Robert E. Johnson)
•E-commerce berhubungan dengan p’jualan, p’iklanan, pemesanan produk yang semuanya dikerjakan
melalui internet. (Gary Coulter & John Buddemeir)
•Kemampuan untuk melakukan bisnis secara elektronik melalui komputer, Fax, telepondsb. (Donna
Perry)
RuangLingkupE-commerce
•Electronic Business, mrpkn lingkup aktifitas perdagangan secara elektronik dalam arti luas
•Electronic Commerce, mrpkn perdagangan yang dilakukan secara elektronik, mencakup:
-Perdagangan Via internet
-Perdagangan dengan fasilitas web internet
-Perdagangan dengan sistem pertukaran data terstruktur secara elektronik
KerangkaDasarE-commerce
Aplikasie-commerce disusun berdasarkan infrastruktur
teknologi, yaitu kombinasi antar komputer, jaringan komunikasi dan
software komunikasi.
Infrastruktur:
a.Jasa bisnis umum (proses pembelian& penjualan)
b.Distribusi pesan dan informasi (pengiriman & pengambilan informasi)
c.Isi multi media dan publikasi jaringan
d.Information Super high way
Jenis–jenisE-Commerce
•Business to business (B2B)
•Business to Costumer (B2C) melalui internet
•Costumer to Costumer (C2C)
•Government to Nation (G2N)
B2B :
•Disebut juga transaksi antar perusahaan
•Transaksinya menggunakan EDI dan email untuk pembelian barang dan jasa, informasi & konsultasi
•Di gunakan untuk pengiriman dan permintaan proposal bisnis.
B2C :
•Disebut dengan transaksi pasar
•Konsumenm’pelajari produk yang ditawarkan melalui publikasi elektronik
•Membeli dengan electronic cash & sistem secure payment
•Meminta agar barang dikirimkan
KomponenE-Commerce
•Electronic Data Interchange (EDI), sbg pertukaran data antara komputer antar ber bagai organisasi
•Digital currency, memungkinkan user untuk memindahkan dan hanya secara elektronik
•Electronic Catalogs, mrpkn antar muka grafis (GUI ) yang umumnya berbentuk halaman www berisi
informasi tentang penawaran produk dan jasa.
KeuntunganE-commerce
Bagi Pengelola Bisnis
-Perusahaan dapat menjangkau pelanggan diseluruh dunia
-Efisiensi, tanpa kesalahan dan tepat waktu
Bagi Konsumen
-Harga lebih murah, belanja cukup pada satu tempat
Bagi Management
-Peningkatan pendapatan& loyalitas pelanggan
KelebihanE-Commerce
•Otomatisasi, menggantikan prosesmanual
•Integrasi, meningkatkan efisiensi & efektifitas proses
•Publikasi, memberikan jasa promosi & komunikasi atas produk & jasa yang dipasarkan
•Interaksi, pertukaran data / informasi antar berbagai pihak yang akan meminimalkan“human error”
•Transaksi, kesepakatan antara 2 pihak untuk melakukan transaksi yg melibatkan institusi lain.
ENTITY RELATIONSHIP DIAGRAM (ERD)
Model Entity Relationship
Adalah suatu penyajian data dengan menggunakan Entity dan
Relationship.
Entity
§ Entity adalah obyek yang dapat dibedakan dalam dunia nyata
§ Entity set adalah kumpulan dari entity yang sejenis
§ Entity set dapat berupa :
- Obyek secara fisik : Rumah, Kendaraan, Peralatan
- Obyek secara konsep : Pekerjaan , Perusahaan, Rencana
Relationship
§ Relationship adalah hubungan yang terjadi antara satu atau lebih
entity.
§ Relationship set adalah kumpulan relationship yang sejenis.
Atribut
§ Atribut adalah karakteristik dari entity atau relationship, yang
menyediakan penjelasan detail tentang entity atau relationship
tersebut.
Jenis-jenis atribut :
§ Key
Atribut yang digunakan untuk menentukan suatu entity secara unik.
§ Atribut Simple
Atribut yang bernilai tunggal.
§ Atribut Multivalue
Atribut yang memiliki sekelompok nilai untuk setiap instan entity.
§ Atribut Composite
Suatu atribut yang terdiri dari beberapa atribut yang lebih kecil yang
mempunyai arti tertentu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar